Menyatukan Sejumlah Folder Ke dalam Quick Launch


Quick Launch yang ada di Taskbar menjadi jalan singkat untuk mengoperasikan sejumlah aplikasi yang terpasang di PC. Tidak hanya itu, Sobat juga dapat menambahkan aplikasi yang diinginkan kedalam menu Quick Launch. Kendalanya, jika sobat terus-menerus menambahkan aplikasi ke dalam Quick Launch, Sobat akan kerepotan. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk mencari sebuah aplikasi yang di ingin dijalankan.

Caranya:

Tidak hanya sebuah aplikasi, Sobat juga dapat menambahkan sebuah folder ke dalam Qucik Launch utnuk dijadikan sebuah menu. Dengan begitu, Sobat dapat mengelompokkan seluruh aplikasi yang ada kedalam sebuahfolder. Contohnya, Sobat dapat mengelompokkan aplikasi internet Explorer, Opera, dan Firefox kedalam satu folder aplikasi internet. Kekurangannya, Windows akan menjalankan Windows Explorer dan menampilkan semua aplikasi yang ada di dalam folder jika Sobat mengklik entri tersebutAkan lebih baik jika sobat dapat mengklik folder dalam bentuk menu.

Langkah Pertama adalah mengaktifkan sebuah fungsi yang ada didalam system registry. Untuk itu, klik tombol “Start – Run” dan ketikan ‘Regedit” lalu tekan Tombol “OK”. Selanjutnya , akses folder HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced. Disana, Sobat dapat menbangun sebuah DWORD Value baru yang bernama CascadeFolderBands. Caranya, pilih menu “Edit – Newe – DWORD Value”. Langkah berikutnya, klik ganda DWORD Value yang baru Sobat buat lalu ubah Value datanya menjadi angka 1. Lakukan konfirmasi dengan menekan tombol “OK” dan restart PC yang Sobat Gunakan.

Langkah Selanjutnya adalah menambahkan folder kedalam Quick Launch. Untuk itu, klik kanan area bebas yang ada di Taskbar dan nonaktifkan pilihan “Lock the Taskbar “. Berikutnya, klik kanan tepat di dua tanda panah Quick Launch dan pilih menu “Open Folder”. Disana, Sobat dapat membuat sebuah folder baru dan memasukkan sejumlah aplikasi yang sesuai ke dalam folder tersebut. sebagai contoh, membuat folder baru yang diberi nama aplikasi internet dan memasukkan aplikasi sejenis (Opera, Firefox, dan lain-lain) ke dalam folder tersebut.

Sekarang, ketika Sobat mengakses Quick Launch, Sobat dapat menemukan sebuah folder yang didalamnya terhimpun beberapa aplikasi sejenis. Dengan begitu, Sobat tidak perlu lagi repot untuk mencari apliasi yang ingin dijalankan. Jika Windows menampilkannya dalam Windows Explorer, klik kanan apliasi yang ingin dijalankan lalu tekan menu “OPEN”.

Semoga Bermanfaat🙂🙂🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s